Jumat, 22 Januari 2016

Critical Thinking atau Apa?

Beberapa kali menerima klien remaja-dewasa yang konsultasi tentang permasalahan yang mereka alami, membuat saya menarik satu kesimpulan tentang betapa saat ini banyak remaja-remaja kita yang terkesan kurang kritis terhadap paparan informasi maupun 'ajakan' dari lingkungan. miris rasanya.
Suatu, hari seorang ibu dan anak gadisnya datang di biro konsultasi kami. si Anak ternyata sudah kecanduan narkoba jenis shabu selama 2 tahun terakhir. efeknya, mulai cemas tingkat tinggi dan otomatis berhenti dari pekerjaannya yang sudah cukup nyaman sebagai karyawati bank. Alasan kecanduan, dimulai dari ajakan teman. sempat berhenti, ngikut lagi. yang lebih 'gemes' nya adalah ibunda tidak tega membawa anak ke pusat rehabilitasi.

Pernah juga, masih seorang gadis, mahasiswa S2 universitas negeri menyampaikan permasalahan bahwa ia ingin putus dari pacarnya. di awal saya berpikir, kenapa masalah putus ini menjadi sedemikian berat, ternyata setelah mendengar penuturannya, mereka sudah berhubungan 'jauh' dan si pacar addict dengan sex phone dan video call. si gadis harus selalu siap sedia di kala pacar membutuhkan penyaluran hasrat tersebut. si gadis tidak berani melawan, mengaku takut diancam dan pada intinya dia samasekali tidak kepikiran cara-cara efektif dan logis untuk menghindari sang pacar walaupun sebenarnya dia sudah tersiksa dengan hubungan tersebut.

kasus yang paling terbaru. seorang kakak datang ke ruang praktik saya untuk menyampaikan kegelisahan dan kekecewaan karena sang adik bungsu kemungkinan besar adalah bisex (LGBT). dia sama sekali tidak menyangka jika adiknya benar-benar seperti itu, padahal adik di rumah adalah anak yang sangat penurut, sayang keluarga. diakui bahwa adik selama ini kurang inisiatif dan sangat bergantung pada gadgetnya, tanpa sadar gadget itu adalah akses untuk 'mencoba' sebuah situs yang dikhususkan untuk gay dan bisex.

apa yang salah dengan remaja saat ini? kurang kritiskah? disertai dengan pola asuh dan lingkungan yang kurang tepat? atau kecanggihan teknologi yang memudahkan plus menjerumuskan?

Semoga saya bisa menjadi jalan agar mereka menemukan apa yang harus mereka lakukan, karena pada dasarnya setiap pribadi potensial untuk menyelesaikan masalahnya sendiri :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar